8 Hal Penting Sebelum Mencetak Undangan

Printinlondon.co.uk

Pada musim nikah, beberapa jasa yang menawarkan percetakan undangan ada yang menaikkan harga untuk memperoleh keuntungan. Akibatnya tentu merugikan pihak yang akan melaksanakan pernikahan, karena mencetak undangan termasuk salah satu budget yang harus dipertimbangkan. Sebagai solusinya, beberapa orang memilih untuk mencetak undangannya sendiri tanpa menggunakan jasa apapun, dengan memperhatikan beberapa hal penting berikut:

1. Pastikan Ketersediaan Bahan dan Peralatan yang Lengkap

Sebelum memutuskan untuk mencetak undangan sendiri, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan alat yang digunakan. Diantaranya laptop atau komputer, aplikasi untuk desain seperti corel draw, dan tentunya seperangkat printer yang digunakan untuk mencetak. Jika salah satunya belum tersedia, hendaknya seseorang menggunakan jasa percetakan undangan daripada harus membeli beberapa perlengkapan tambahan, kecuali jika sekaligus digunakan untuk usaha jangka panjang.

2. Lakukan Desain Menggunakan Template Gratis

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki keahlian di bidang desain, tidak perlu khawatir kesulitan dalam melakukan desain sendiri. Karena sudah banyak website di internet yang menawarkan template desain undangan secara gratis, dimana seseorang hanya perlu memilih desain yang sesuai keinginan, lalu mendownload nya. Jika download berhasil, pengguna yang membutuhkan bisa melakukan pengeditan pada nama, tanggal dan alamat calon pengantin.

3.Tentukan Warna Dasar dan Latar Belakang

Salah satu keunggulan dari mencetak undangan sendiri selain hemat biaya adalah bebas memilih desain dan warnanya sesuai selera. Walaupun demikian, bukan berarti seseorang bebas memilih warna sesuai seleranya tanpa melihat tingkat kesesuaiannya. Pastikan untuk menggunakan maksimal 2 jenis warna yang sesuai, seperti warna cokelat tua yang dipadukan dengan warna cokelat muda.

Sementara itu untuk memilih latar belakang, masih berkaitan dengan warna yang digunakan agar tampilannya lebih sesuai. Misalnya motif bunga-bunga putih pada warna pink, atau motif batik pada warna cokelat.

4. Memilih Gaya Tulisan dan Gambar yang Sesuai

Setelah menentukan warna dan latar belakang, selanjutnya adalah memilih gaya tulisan yang unik dan menarik. Yang perlu diingat, dalam memilih desain tulisan, jangan hanya mementingkan nilai estetikanya saja, namun pastikan font yang digunakan dengan ukuran tertentu bisa terbaca dengan jelas.

5. Sesuaikan Ukuran Kertas yang Diinginkan

Untuk keperluan percetakan, maka sebelum mencetak undangan, pastikan ukuran kertas di komputer sesuai dengan besarnya kertas undangan cetak yang digunakan. Agar ketika melakukan proses percetakan, ukuran dan tata letak undangan yang sudah diatur sebelumnya tidak berhamburan.

6. Pemilihan Bahan Kertas yang Sesuai Tinta Cetak

Kertas cetak memiliki banyak sekali jenis, mulai dari kertas polio, karton, hingga kertas foto, diantara banyaknya pilihan kertas foto, pilihlah yang tebal dan sesuai jenis tinta, agar tidak mudah pudar ketika diaplikasikan pada bahan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kertas yang digunakan mudah dilipat dan dipotong sesuai ukuran dan hasil undangan yang diinginkan.

7. Cetak Kasar Undangan Sebagai Contoh

Setelah proses desain dan pemilihan kertas selesai, maka cobalah untuk mencetak satu lembar undangan sebagai contoh dan untuk diteliti detailnya. Jika ada beberapa kesalahan tulisan, ataupun font yang tidak sesuai, maka perbaiki sebelum mencetak banyak.

8. Mencetak Undangan Sesuai Jumlah yang Dibutuhkan

Proses terakhir adalah mencetak undangan sesuai prosedur  pada printer yang digunakan, karena masing-masing printer terkadang memiliki prosedur percetakan yang berbeda. Setelah itu, barulah undangan siap dicetak sesuai jumlah tamu undangan.

Demikianlah beberapa hal penting yang wajib diperhatikan seseorang sebelum memutuskan untuk mencetak undangan dan tali lanyard sendiri tanpa menggunakan jasa. Cara ini sangat mudah diterapkan, terlebih dengan adanya banyak situs web yang memberikan desain undangan secara gratis, sehingga seseorang tidak perlu kesulitan mendesain tanpa pengalaman.