Cara Membuat Plesteran Tembok Rapi, Kuat, Tahan Lama

Terima kasih karena anda telah menyempatkan diri berkunjung ke website ini. Pada posting yang sedang anda baca ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat plesteran dinding yang rapi dan kuat. Saya sudah mengumpulkan refrensi dari sejumlah situs kontraktor rumah yang sangat berpengalaman menangani urusan tersebut.

Salah satu kontraktor yang menjadi refrensi saya adalah Wahanacipta. Bukan tanpa alasan saya menjadikannya sebagai rujukan. Adapun alasanya adalah karena kontraktor ini telah berdiri sejak tahun 1992 menjadikan mereka begitu kaya akan ilmu konstruksi.

Baiklah tanpa perlu basa – basi lagi mari kita masuk ke topik utamanya sekarang juga.

 

Membuat Plesteran Dinding Rapi, Kuat, dan Tahan Lama

Perlu anda ketahui terlebih dulu jika yang dimaksud plesteran dinding disini adalah bagian permukaan dari dinding itu sendiri. Sehingga hasil plesteran yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana teknik kita membuat lapisan ini namun juga ditentukan oleh faktor penataan bata.

Pertama – Pastikan Bata Tertata dengan Baik

Jadi bisa kita sepakati bersama bahwa untuk membuat plesteran dinding tampak elok dan bisa bertahan untuk waktu yang lama kita wajib memastikan bahwa tidak ada penataan bata yang keliru. Kesalahan dalam menyusun bata untuk tembok rumah bisa menyebabkan munculnya permukaan bergelombang. Parahnya lagi pada struktur tembok bisa terdapat lobang. Jadi berikan perhatian anda ketika proses pemasangan bata dikerjakan.

Kedua – Persiapkan Alat dan Bahan

Setelah memastikan susunan bata sudah oke langsung saja lanjukan dengan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat plesteran. Semua itu bisa dengan mudah kita dapatkan di toko – tok material terdekat. Jadi tidak ada alasan anda tidak memilikinya di rumah. Jika belum ada silahkan beli dulu.

Adapun alat yang diperlukan antara lain:

  • Benang
  • Meteran
  • Jidar kayu kaso
  • Roskam besi
  • Kertas bekas sak semen

Sedangkan bahan – bahannya adalah:

  • Semen
  • Air
  • Triplek
  • Kawat ayam

Ketiga – Mulai Bekerja

Setelah semua alat dan bahan tersedia maka anda sudah bisa mulai membuat plesteran dinding. Ikuti langkah – langkah berikut:

  1. Basahi permukaan tembok yang masih berupa batu bata.

Anda wajib membasahi terlebih dulu permukaan tembok yang akan diberi plesteran. Langkah dilakukan agar partikel semen dapat merekat hingga ke rongga – rongg tembok.

  1. Buat adukan plesteran.

Selanjutnya adalah membuat adukan plestaran. Namun sebelum itu hitung terlebih dulu berapa banyak adukan yang diperlukan untuk menutupi seluruh permukaan dinding. Pastikan anda juga menentukan perbandingan yang pas antara tiap – tiap material penyusunya.

  1. Pasang benang secara horizontal dan vertical.

Benang bisa anda manfaatkan untuk menjadi patokan ketebalan plesteran yang nantinya dihasilkan.

  1. Meneliti kembali saluaran instalasi kelistrikan.

Sebelum mulai menutupi permukaan tembok bata dengan plesteran teliti lagi dulu apakah posisi jalur instalasi telah tertata dengan baik atau belum.

  1. Mulai lakukan pemlesteran

Kini saat mulai membuat plesteran. Lakukanlah dengan hati – hati dan selalu cek lapisan yang dibuat benar – benar rata.

  1. Tunggu kering

Acian akan benar – benar kering hingga ke dalam selama kurang lebih 7 hari.

Leave a Reply