Digitalisasi Pariwisata Lewat Tourism 4.0

Beberapa tahun belakangan ini dunia sedang digemparkan dengan fenomena Revolusi Industri 4.0, setiap negara di dunia menyongsong kehadiran Revolusi Industri 4.0 ini, termasuk juga Indonesia. Revolusi Industri 4.0 ini menghadirkan otomasi dan kemudahan di setiap aspek kehidupan dengan memanfaatkan teknologi dan internet.

Di era Revolusi Industri 4.0 semua aspek kegiatan manusia akan berubah yang mana dulunya masih manual maka di era ini akan menjadi otomasi dan digital. Revolusi Industri 4.0 akan mendigitalkan seluruh proses kehidupan, terutama di sektor perindustrian.

 

Digitalisasi Pariwisata Lewat Tourism 4.0

Wabah Revolusi Industri 4.0 juga merambat ke sektor pariwisata, yang saat ini digemborkan dengan label Tourism 4.0, dimana pariwisata akan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk menggaet wisatawan datang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Generasi milenials adalah target pasar dari pariwisata dengan brand Tourism 4.0 ini,  dikarenakan pertumbuhan yang besar berada pada generasi ini, selain itu dengan maraknya gadget yang mereka  gunakan serta generasi milenials yang hobi dengan aplikasi-aplikasi traveling yang ada sehingga dengan alasan ini maka generasi milenials menjadi target pasar yang cocok. Apalagi mereka sangat hobi juga dengan fitur-fitur di sofware agen trevelling tersebut serta generasi milenials juga terkenal dengan pemburu promo atau diskon yang sering ada pada software tersebut.

Melalui Tourism 4.0 semua basis untuk pergi berpariwisata akan tersedia secara mobile lewat gadget yang ada, jadi travel agent tidak dapat lagi mengganakan sistem walk in service untuk penyediaan tiket pelangggan atau traveller dan pemilihan paket wisata jika mereka tidak ingin kehilangan pelanggan. Dengan mendigitalnya sektor pariwisata ini maka potensi untuk memenangkan pasar turis akan semakin besar yang biasa dikenal dengan istilah winning the market.

Untuk itu pengembangan aplikasi atau platform digital di bidang pariwisata sangat diperlukan terutama pada platform penyedia ticket dan juga pemanfaatan media sosial dan internet untuk promosi juga harus dilakukan. Dengan pengembangan dan pemanfaatan media yang ada ini maka mendapatkan generasi milenials sebagai pelanggan akan semakin meningkat dikarenakan generasi inilah yang paling sadar dengan teknologi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang rata-rata kurang faham dengan teknologi.

Cara Mudah Sewa Bus Pariwisata Lewat Platform Digital

Tourism 4.0 juga mempermudah traveler yang hobi melakukan travelling menggunakan bus untuk megunjungi destinasi-destinasi wisata yang mereka inginkan. Melalui platform penyedia tiket ataupun agent bus melakukan sewa bus pun menjadi lebih mudah tanpa harus mengunjungi P.O nya langsung dan juga dapat melakukan check bus mana saja yang kosong sehingga mendapatkan bookingan yang tepat dapat diraih. Hal ini contohnya dalam melakukan sewa bus pariwisata di Jakarta Utara, dengan adanya platform ini maka bagi traveller yang memang suka melakukan sewa bus pariwisata Jakarta Utara mereka akan merasa dipermudah.

Leave a Reply