Inilah Cara Pemasangan Dowel Dalam Proyek Pembangunan Jalan!

 

Ciptakonstruksi.com – Dowel adalah sebuah batang baja atau profil yang digunakan untuk menghubungkan dua komponen. Dalam pengerjaan proyek pembangunan, dowel tidak asing lagi dalam penggunaannya. Dowel sangat berperan penting dalam sebuah pembangunan terutama pembangunan jalan, karena fungsi besi dowel tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai pentransfer beban pada sambungan, penguat kontruksi bangunan, dan juga dapat menghambat retakan yang mungkin terjadi.

Dalam pemasangan dowel sangat diwajibkan melumasi sebagian besi dengan plastik ataupun cat, hal ini dikarenakan besi merupakan benda yang dapat menyusut ataupun memuai mengikuti perubahan suhu di sekitar, oleh sebab itu penggunaan plastik atau cat dapat memberikan kebebasan dowel dalam bergeser ke kanan dan kiri.

Inilah Cara Pemasangan Dowel Dalam Proyek Pembangunan Jalan!

Dowel biasanya digunakan dalam pekerjaan kaku atau yang lebih sering disebut dengan rigit pavement. Ada beberapa jenis sambungan yang terjadi pada pekerjaan rigit pavement seperti sambungan susut, sambungan kontruksi, sambungan engsel, dan sambungan muai.

Pembuatan besi dowel dalam rigit pavement tergantung pada jenis sambungnya. Adapun dua jenis sambungan pada pengerjaan dowel di antaranya, yaitu sambungan melintang dan sambungan memanjang. Sambungan melintang memiliki fungsi sebagai pembantu gerakan susut, sedangkan fungsi sambungan memanjang adalah sebagai pembantu gerakan plat beton ketika panas.

Inilah Cara Pemasangan Dowel Saat Membangun Jalan

Dalam pemasangan dowel ada beberapa tahapan di antaranya adalah :

• Pekerjaan rigit pavement akan diawali dengan pembuatan lapisan paling bawah (lean conctete) setebal 10cm.

• Pembuatan lapisan paling atas setebal 27cm  yang dilapisi oleh besi dowel dan tie bar.

• Pada pekerjaan rigit pavement yang dilakukan secara manual cara terakhir memasang dowel adalah dengan memasukan batang dowel ke dalam konstruksi.

• Agar dowel tidak mengalami korosi (karatan) maka sebaiknya dengan memberikan proteksi katodik.

Nah itu dia bagaimana cara pemasangan besi dowel dalam proyek pembangunan jalan. So, dengan adanya dowel dalam kontruksi bangunan akan lebih membuat jalan menjadi kuat dan tidak mudah koyak. Kontruksi yang sangat sempurna untuk jalan hingga dapat menciptakan keamanan bagi pengguna jalan.