Inilah Keunggulan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Area lantai adalah salah satu bagian rumah yang cukup menonjol dan sangat erat kaitannya dengan estetika. Dari sebuah lantai ini nantinya akan bisa membuat rumah terlihat indah dan menarik. Di sisi lain juga sangat menentukan suatu rumah bersih atau juga kotor sebab area ini mencakup permukaan yang luas sehingga mudah terlihat. Terlepas dari kesan yang diberikan lantai juga digunakan sebagai tempat untuk meletakan segala barang ataupun perabotan rumah, sehingga ketahanannya pun harus diperhatikan. Oleh karenanya pemilihan lantai yang baik itu sangatlah penting agar bisa menjadikan rumah tetap nyaman dan salah satunya adalah dengan menggunakan lantai vinyl murah.

Lantai vinyl merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih selain produk flooring lainnya seperti keramik ataupun kayu. Bahan dasar dari lantai ini adalah PVC sehingga memiliki tekstur yang juga lebih lentur jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain PVC produk ini juga memanfaatkan pasir putih sebagai salah satu bahan pendukung dalam pembuatannya.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Mengingat pembuatannya yang memang terbuat dari bahan dasar utama plastic, tidak sedikit orang yang masih meragukan kekuatannya karena mereka menganggap bahan plastic adalah bahan yang cukup rapuh. Padahal jika kita lihat lebih jauh lagi, banyak sekali kelebihan yang terdapat pada lantai vinyl yang masih banyak orang tidak mengetahuinya. Ini dikarenakan lantai vinyl masih bisa dikatakan produk baru jika dibandingkan dengan keramik.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari lantai vinyl, antara lain:

Kelebihan Lantai Vinyl

  • Vinyl lantai murah merupakan jenis penutup lantai yang memiliki sifat fleksible, sangat mudah dipasang. Selain itu proses pembongkarannya pun mudah dan tidak akan merusak permukaan lantai utama. Dalam pemasangannya ini hanya memerlukan sebuah lem untuk merekatkannya, maka dalam pembongkarannya pun anda hanya perlu menghilangkan bekas lem yang menempel. Sesudah dilakukan pembongkaran lantai juga dapat dipasang lagi di tempat yang lainnya ataupun pada tempat yang berbeda.
  • Vinyl lantai memiliki kekuatan yang cukup lama, yaitu sekitar 10 sampai dengan 15 tahun jika dilakukan perawatan dengan baik.
  • Vinyl lantai cukup tahan terhadap cuaca ekstrim seperti banjir dan juga paparan sinar matahari yang panas.
  • Motif lantai vinyl juga mempunyai pilihan yang beragam, maka dari itu bisa disesuaikan dengan selera dan juga kebutuhan.

Inilah Keunggulan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Kekurangan Lantai Vinyl

  • Lantai ini harus ditempatkan pada sebuah ruangan yang tepat sebab memiliki dampak bagi kesehatan. Akan tetapi ini akan sangat cocok jika diaplikasikan pada teras rumah.
  • Lantai ini murah robek terkena bendar-benda tajam karena sifatnya yang begitu elastis dibandingkan jenis lantai yang lain seperti keramik, kayu dan sebagainya.

Leave a Reply