JENIS PEMASANGAN LANTAI PARKET

Ketika anda akan membangun sebuah rumah tentu yang ada dibenak anda pertama kali adalah desain seperti  apa yang harus diterapkan agar terlihat indah dan menarik sehingga mampu membuat para penghuninya merasa betah. Berbagai cara yang bisa anda terapkan namun salah satu caranya ialah mendesain lantai rumah dengan memanfaatkan lantai kayu.

Lantai kayu dapat menciptakan suasana dan kondisi yang nyaman. Dan material pelapis tersebut sekarang ini banyak ragamnya. Lantai kayu atau parket banyak dijual oleh para distributor dengan harga jual parket lantai murah dan terjangkau. Selain itu, pelapis lantai tersebut memiliki banyak peminat sebab terbuat dari 100% bahan alami yang aman dan nyaman jika diinjak terutama oleh anak anda yang masih balita.

Produk flooring ini sendiri adalah sebuah produk yang berasal dari kayu asli yang didesain untuk memberikan nilai lebih baik dari segi estetika ataupun secara struktural. Kayu merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan material lantai dengan harmonisasi warna, tipe dan gaya yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

JENIS PEMASANGAN LANTAI PARKET1

Berikut ada 2 jenis pemasangan lantai parket yang harus anda ketahui, antara lain :

  1. Menggunakan Lem (glue down)

Material flooring dipasang dengan memanfaatkan lem. Sebelumnya bantal acian pada lantai diberi cairan primer yang bertujuan untuk menahan kelembaban apabila permukaan basah. Lem tak akan maksimal jika kelembaban masuk ke lantai. Selanjutnya memberikan lem sikabond untuk ditempelkan pada parket kayu ke bantal acian tersebut agar lebih erat dan rapi.

  1. Plywood (nail down)

Parket kayu bisa langsung dipasang di atas plywood dengan menggunakan paku tembak sehingga lebih erat dan awet.

Perawatan lantai parket

Cara perawatan lantai parket tergolong sangat mudah sebab ada banyak cara supaya lantai parket dapat tahan lama.

Berikut beberapa cara perawatan lantai parket yang harus anda ketahui, antara lain :

  1. Terus mengontrol kelembaban lantai, apabila terkena tumpahan air maka harus segera dibersihkan menggunakan kain pel agar mengering dengan cepat. Sebab jika dibiarkan terlalu lama justru akan membuat lantai parket rusak dan membengkak.
  2. Gunakanlah obat pel yang ramah lingkungan untuk membersihkan dan merawat lantai parket. Jangan menggunakan bahan kimia sebab akan cepat merusak coating lantai tersebut.
  3. Harus ada perlindungan pada berbagai perabotan yang menempel langsung ke lantai parket seperti lemari, meja dan kursi dan perabot lain yang cukup berat.
  4. Pindahkan perabot yang berat dengan hati-hati dengan cara diangkat agar tidak merusak lantai tersebut.
  5. Dalam perawatan setelah diterapkan selama bertahun-tahun, dapat menggunakan mesin scrubber. Cara kerja mesin tersebut yaitu akan menyemprotkan cairan yang terdapat sikat-sikat halus yang bisa dengan langsung akan membersihkan permukaan lantai tersebut.

Jika anda membutuhkan infomasi lebih lengkap seputar lantai parket, dapat mengaksesnya di http://greenfloor.co.id.

 

Leave a Reply