Lima Faktor yang Mempengaruhi Harga Lantai Vinyl Tile

Goodstunity.com – Lantai vinyl tile yang sangat populer digunakan pada berbagai desain interior modern sekarang, adalah salah satu jenis dari material produk lantai yang ideal. vinyl memiliki banyak sekali keunggulan sebagai penutup permukaan lantai. Resistansi materialnya yang tinggi terhadap cairan, ketahanannya yang baik tehadap cuaca, mudah dalam pemiliharaan ,adalah faktor-faktor penting mengapa material ini sangat banyak digunakan.

Harga Lantai Vinyl Tile

Akan tetapi untuk harganya sendiri, apa saja sih barometer yang menjadi faktor penentu harga sebual tile vinyl? Apakah ukurannya, jenis materialnya, proses produksinya, ataukah yang lain? Berikut penjelasan lengkap untuk hal itu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Vinyl Tile

Setiap produk, apa pun jenis dan bidangnya, baik dalam industri kontruksi, farmasi, teknologi atau apa pun juga, tentu memiliki seperangkat panduan dalam menetapkan harga jual kepada masyarakat. Vinyl sebagai bagian penting dari dunia konstruksi modern sebenarnya juga tidak lepas dari hal ini, ada beragam elemen untuk menetapkan harganya yang tepat di pasaran.

Lalu apa sajakah elemen-elemen yang mempengaruhi harga lantai vinyl tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya;

Material Bahan Baku dan Kualitasnya

Tidak semua bahan baku pembentuk tile vinyl adalah serupa dan sama persis, beberapa di antaranya ada yang berlainan. Material ini adalah salah satu faktor utama yang mampu mempengaruhi harga jual tile vinyl di masyarakat. Semakin tinggi nilai material yang digunakan sebagai bahan baku vinyl, maka tentu saja akan berkorelasi dengan harganya.

Dan sebaliknya, semakin umum dan rendah kualitas material bahan bakunya, relevan pula kemudian jika harganya semakin rendah.

Proses Produksi

Faktor kedua yang juga sangat berpengaruh terhadap harga jual vinyl lantai ini adalah proses produksinya. Pada dasarnya semua proses pembuatan atau produksi vinyl nyaris sama, akan tetapi pada beberapa detail tertentu hal ini dapat saja mengalami perbedaan. Ketebalan selaput kain atau busa pelapis permukaan vinyl, motif yang berlainan, serta spesifikasi dan kelas bahan yang dipergunakan, tentu saja juga membuat proses produknya mengalami perbedaan.

Ketebalan Produk

Pada umumnya semakin tebal lapisan produk vinyl untuk permukaan lantai, semakin tinggi pula harganya. Hal ini relevan pula dengan penggunaan pelapis busa atau kain khusus yang digunakan untuk membuat lantai terasa lebih empuk.

Meskipun secara umum ketebalan lantai berkorelasi dengan semakin tingginya harga, namun ada juga pada beberapa produk vinyl yang ketebalannya mungkin biasa, namun harganya cenderung tinggi.

Merek

Brand atau merek sudah tentu menjadi bagian penting dalam tolak ukur penentuan harga. Brand dengan penetrasi marketing yang tepat serta image yang juga tepat tentu akan mendapat kepercayaan di masyarakat, yang akan membuat harganya semakin melambung. Sementara brand produk yang mungkin saja tidak dapat mencerminkan kualitas produk vinyl yang dipasarkan, pada umumnya akan dijual dalam ukuran harga yang lebih rendah.

Pola dan Rantai Distribusi

Hal terakhir yang juga dapat mempengaruhi harga material vinyl untuk lantai adalah jaringan distribusi produknya. Semakin panjang rantai distribusi yang digunakan untuk sampai ke tangan konsumen, maka harga akan semakin tinggi. Sementara itu, semakin efiesien sistem distribusi pemasaran produk, maka harganya akan semakin mudah pula untuk dikoreksi.

Saran untuk anda yang mungkin saat ini ingin membeli vinyl tile sebagai interior desain rumah anda, pertimbangkan beberapa faktor di atas sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Harapannya adalah, adanya relevansi yang setara antara harga yang dikeluarkan dengan produk yang akan diperoleh nantinya.