Makmeugang! Tradisi Masyarakat Aceh Dalam Menyambut Hari Raya Islam

Halo warga perantauan! Sudahkah bersiap untuk menyambut Idul Adha di kampung halaman? Bagi Anda khususnya yang berasal dari Aceh, jangan sampai tidak pulang kampung ya. Tradisi meugang jangan sampai tidak diikuti begitu saja. Selagi masih ada waktu, segera sewa Pusatrentcar.com Jakarta Timur. Anda pasti akan tiba di Aceh dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. ​​​​​​

Makmeugang! Tradisi Masyarakat Aceh Dalam Menyambut Hari Raya Islam

Makmeugang, Tradisi Khas Aceh yang Penuh Kebersamaan dan Keberkahan

​​​​​​Meugang sudah lama dilaksanakan oleh masyarakat Aceh. Bahkan ketika masih berada pada zaman kerajaan Aceh pertama kali berdiri. Yakni masa pemerintahan Raja Iskandar Muda. Saat itu sang raja memerintahkan untuk menyembelih beberapa ekor sapi, dan dibagikan kepada rakyat. Sebagai perwujudan rasa syukur raja atas kekuasaannya.

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini mengarah kepada tiap individu. Ketika hari raya akan tiba. Tepatnya satu hari sebelum pelaksanaan. Individu mengunjungi sanak saudara yang lain dengan membawa daging sapi. Tidak dalam bentuk daging mentahnya, melainkan sudah diolah menjadi masakan lezat kaya rempah.

Suasana penuh keakraban terjalin indah didalamnya. Tidak terkecuali para tetangga kanan, kiri juga turut serta merayakan makmeugang. Mereka akan saling bersilaturahmi satu dengan lainnya. Serta membawa olahan daging dengan cita rasa lezatnya. Sungguh sangat sayang jika tidak turut serta dalam makmeugang.

Makmeugang jika dikaitkan perayaan hari raya Idul Adha, sangat tepat. Filosofi yang terkandung didalamnya terkait pembagian daging sapi dan kambing untuk fakir miskin. Tiap masyarakat tidak hanya membagikan dengan sanak saudara saja. Mereka dengan hasil jerih payahnya turut serta untuk berkurban. Istilahnya tidak akan lega ketika tradisi makmeugang, tanpa partisipasi untuk fakir miskin.

Demi menjaga momentum silaturahmi indah bersama sanak saudara. Ada baiknya untuk mempersiapkan jauh hari saat di perantauan. Mengumpulkan hasil kerja keras untuk terjun maksimal dalam makmeugang. Termasuk persiapan moda transportasi ke lokasi. Lebih asyik memakai jalur darat untuk menuju kampung halaman. Kini, sewa bus pariwisata Jakarta Timur menyediakan kemudahan untuk Anda serta keluarga di tanah perantauan menuju kota kelahiran.