Tidak Perlu Berhari – Hari! Ternyata Membuat Lapangan Tenis Sangat Mudah

Membuat Lapangan Tenis

Jenis lapangan tenis yang paling populer adalah lapangan semen atau beton yang dikenal sebagai hardcourt field. Permainan di lapangan ini berjalan dengan cepat karena dasar lapangan yang halus dan minim gesekan. Sebuah jenis lapangan yang paling cocok untuk mengadakan pertandingan. Pembuatan lapangan tenis lebih baik mempercayakannya pada jasa kontraktor yang sudah terbiasa mengerjakannya. Dengan demikian anda tidak dipusingkan dengan harga mesin trowel, mesin pemadat, pasir dan beton yang diperlukan untuk membuat lapangan tennis.

Langkah Penting Dalam Pembuatan Lapangan Tenis

Lapangan jenis ini memiliki permukaan halus yang terbuat dari bahan beton atau aspal. Pembuatannya memerlukan rancangan lapangan, anggaran serta pengawasan pengerjaan. Pemeliharaannya juga cukup mudah sehingga mudah dilakukan oleh orang awam sekalipun. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan untuk membuat lapangan tenis jenis semen yang paling digandrungi oleh pecinta tenis.

1. Desain Lapangan Dan Anggaran

Perencanaan sangat penting dalam membangun lapangan tenis. Anggaran belanja dan desain adalah kombinasi yang sama pentingnya. Rancangan dan budget saling mempengaruhi lama pengerjaan dan tampilan akhirnya. Jenis lapangan tennis hardcourt dapat berbahan semen atau beton. Ketebalan lapangan dan anggaran dipengaruhi sesuai dengan material yang digunakan.

2. Pemetaan Lapangan

Kemudian tibalah saatnya mengukur lahan yang dibutuhkan. Tahapan ini membutuhkan kemampuan menghitung yang mumpuni. Untuk dapat perhitungan akurat, dapat menggunakan tenaga ahli yang profesional untuk menghidari perhitungan kurang tepat. Pada saat inilah desain dibuat, pemilihan materi dilakukan untuk mendapatkan layout lapangan tenis yang serasi.

3. Persiapan Belanja dan Sewa Peralatan

Pengolahan material untuk pengerjaan lapangan tenis membutuhkan komposisi yang berbeda-beda. Untuk mempercepat pembuatan lapangan tenis dapat menyewa tenaga kontraktor yang biasa mengerjakan pembuatan lapangan olah raga. Pada dasarnya dengan mengetahui harga mesin trowel, mesin pemadat tanah, dan alat bantu lainnya, mempengaruhi keputusan untuk mengerjakan sendiri atau mempercayakan jasa kontraktor.

4. Membuat Lapisan Dasar

Lapisan dasar lapangan tenis hardcourt berarti menggunakan pasir sebagai pondasi awal sebelum melakukan pengecoran. Kemudian pelaku dapat dengan leluasa membuat konstruksi besi sesuai dengan desain yang sudah ditetapkan.

5. Konstruksi Besi Pada Area Permainan Tenis

Langkah selanjutnya yaitu membuat konstruksi besi. Pembuatan konstruksi besi ini disesuaikan dengan ukuran lapangan dalam permainan tenis lapangan. Ukuran tebal tipis pengecoran seperti membuatan konstruksi besi, semua tergantung dengan ukuran yang diinginkan. Perlu diketahui seyogyanya untuk membuat lantai cor yang baik perlu rangka yang tidak mudah retak maupun pecah.

6. Tahap Penyelesaian

Bila semua lapisan kering maka tinggal membuat garis dan menunggunya kering sepenuhnya. Untuk memastikan semua lapisan rata dapat digunakan mesin trowel agar permukaannya sempurna. Tahapan finishing diakhiri dengan pengecatan untuk bagian garis untuk memberikan warna yang tegas.

Leave a Reply