Pengaruh Perkembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Setempat

Pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan untuk berlibur. Destinasi wisata akan menawarkan sebuah pemandangan yang indah, tempat istirahat yang nyaman dan pastinya mendapatkan sebuah pengalaman baru. Saat ini banyak negara yang sangat bergantung dari industri pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan bagi perusahaan yang menjual jasa kepada para wisatawan.

Oleh sebab itu, pengembangan pada industri pariwisata tersebut merupakan salah satu cara atau strategi yang digunakan oleh pemerintah/swasta untuk mempromosikan wilayah tertentu yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi daerah wisata, dengan demikian tentu dapat meningkatkan nilai perdagangan melalui penjualan barang atau jasa kepada orang-orang.

Saat ini tak sedikit orang menggunakan sewa bus pariwisata untuk berlibur terutama bagi mereka yang ingin berlibur bersama rombongan agar lebih menyenangkan dan berkesan. Bus pariwisata tentu lebih populer dan banyak disukai terutama oleh para traveller ketimbang menggunakan mobil pribadi. Sebab moda transportasi tersebut dinilai sangat aman dan nyaman untuk berwisata.

Berikut beberapa dampak positif pariwisata terhadap perekonomian, antara lain :

  1. Tersedianya infrastruktur yang lebih baik, transportasi umum dan fasilitass pendukung lainnya untuk mendukung destinasi wisata tersebut agar berkembang lebih baik dan makin maju.
  2. Dapat menciptakan peluang kerja dan menciptaan usaha-usaha yang berkaitan dengan pariwisata seperti restoran, usaha penginapan, dan usaha aneka kerajinan masyarakat setempat.
  3. Meningkatnya pendapatan pemerintah setempat yaitu melalui kontribusi langsung ataupun tak langsung yang berasal dari pajak pendapatan yang dipungut dari para pelaku bisnis pariwisata pada kawasan tersebut.
  4. Dapat meningkatkan perekonomian setempat menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat setempat di sekitar destinasi wisata.

 

 

Kendala-Kendala Yang Dihadapi Dalam Pengembangan Pariwisata

Selain memiliki dampak positif terhadap perkembangan dan pembangunan masyarakat setempat di sekitar lokasi wisata. Perkembangan wisata juga tak terlepas dari berbagai permasalahan yang mau tidak mau harus dihadapi oleh para pelaku di industri pariwisata dan pemerintah setempat agar pengelolaan jauh lebih baik.

 

Berikut beberapa kendala yang dihadapai dalam pengembangan pariwisata, antara lain :

  1. Dampak permasalahan sampah dan kerbersihan lingkungan sekitar tempat wisata.
  2. Dapat mengakibatkan masalah parkir dan kemacetan lalu lintas menuju lokasi wisata.
  3. Permasalahan terhadap pasokan listrik atau sumber energi lainnya di sekitar lokasi wisata.
  4. Tergusurnya rumah-rumah warga demi untuk pengembangan wisata setempat agar lebih luas dan semakin berkembang.
  5. Kerusakan sebagian lingkungan untuk pengembangan wisata setempat.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar sewa bus pariwisata, dapat membuka tautan di http://pusatsewabus.com. Kami dengan senang hati akan membantu anda untuk memenuhi berbagai keburuhan wisata anda dengan biaya yang terjangkau.

Leave a Reply