Piknik Asik Tanpa Intrik Ala Smart Travelers

Kamu sering merasa bosan dan kehilangan semangat untuk menghadapi hari? Kesulitan untuk tidur dan mengatasi masalah sepele? Merasa selalu dikelilingi oleh perasaan negatif sepanjang hari, mulai dari frustasi, stress bahkan depresi? Wah, kalau sudah begini, tandanya kamu kurang piknik. Lebih baik segera ambil cuti, mulai merencanakan perjalanan dan sewa Bisholiday.com murah jakarta timur. Karena kalau dibiarkan, gejala kurang piknik ini bakal menggerogoti kesehatan fisik dan emosional kamu loh!

Piknik Asik Tanpa Intrik Ala Smart Travelers

Etika Berwisata yang Wajib Diketahui Semua Travelers

Selain merencanakan itinerary, satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah mencari tahu mengenai aturan yang berlaku di destinasi liburanmu. Terus pastikan untuk menjaga etika saat berwisata ya. Soalnya, meski pergi berlibur menggunakan danamu sendiri, saat berwisata kamu juga membawa nama negara atau daerah asalmu juga. Gak mau kan jadi viral karena kelakukan minusmu?

Etika berwisata memang terlihat sepele dan sering diabaikan. Tapi kalau kamu berkeras untuk tidak mau mencari tahu, bisa-bisa aktivitas wisatamu menjebloskan kamu ke penjara loh. Iya, di India ada larangan untuk selfie di area rel kereta api. Begitu pula di Armenia, kamu dilarang untuk selfie di stasiun metronya. Males kan, kalau diciduk polisi hanya gara-gara selfie? Makanya, jadilah travelers yang beretika ya!

1. Patuhi Peraturan

Saat membuat itinerary, cari tahu benar semua peraturan yang harus kamu ikuti selama berada di daerah tujuan dan tempat wisata. Kamu bisa browsing di internet atau bertanya langsung kepada teman-teman yang sudah pernah datang ke sana. Jadi, saat berada di sana, gak bakal ada deh tuh, kejadian diciduk polisi atau intrik menyebalkan lainnya.

2. Pelajari Budaya Setempat

Setiap destinasi yang kamu tuju pasti memiliki nilai-nilai budaya sendiri. Pastikan kamu menjadi turis yang paham sopan santun dan berbaur tanpa menyinggung nilai-nilai budaya lokal. Kalau bisa, pelajari sedikit mengenai bahasa lokal yang umum.

3. Pertanggungjawabkan Sampah Milikmu

Sebagai turis, kamu wajib mempertanggungjawabkan sampah yang kamu bawa, dimana pun kamu berwisata. Mau di gunung, laut atau pun perkotaan. Pokoknya, jangan pernah membuang sampah sembarangan! Asal tau aja nih, kalau kamu berencana untuk ke Jakarta dengan sewa bus pariwisata murah jakarta timur, ada hukuman penjara dan denda yang menunggu, kalau kamu membuang sampah sembarangan loh. Bisa-bisa karena keteledoranmu, kamu bakal menginap selama 10 sampai dengan 60 hari di hotel Prodeo. Atau malah kena denda maksimal 20 juta rupiah. Miris kan, kalau liburanmu harus berakhir tragis gara-gara keteledoranmu sendiri?

4. Jaga Tempat Wisata Dengan Baik

(Taman bunga Amarilis di Yogyakarta rusak karena pemburu selfie)

Jangan menjadi turis yang hanya ingin menikmati keindahan tempat wisata tapi enggan untuk menjaganya. Gak keren, Bro! Agar bisa terus dinikmati, jagalah semua elemen yang ada di tempat wisata. Jaga kelestarian ekosistem jika kamu berlibur di tengah-tengah alam. Kurangi sampah plastik. Yang paling penting, jangan sampai hasrat selfie kamu menghancurkan keindahan destinasi wisata ya!

Nah, kalau sudah paham etika berwisata, yuk sewa bus pariwisata murah jakarta timur dan nikmati liburan impian kamu.