Surga Tersembunyi Kota Bogor yang Masih Jarang Terjamah Para Traveller

Siapa sangka jika Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan, kota yang memiliki udara relatif sejuk karena terletak pada ketinggian 190-330  meter dari permukaan laut ternyata memiliki wisata alam yang tidak banyak orang tahu. Daerah dengan curah hujan yang sangat tinggi Bogor memiliki suhu rata-rata terendah mencapai 21,8 derajat celcius. Kota yang berjarak 70 kilometer dari Ibu Kota ini, memiliki banyak sekali tempat wisata yang  bisa dikunjungi. Wisata yang terkenal salah satunya yakni Kebun Raya. Biasanya orang-orang berkunjung menggunakan jasa dari liputanbuspariwisata.

Desa Tapos 1

Wisata Alam nan Asri di Desa Tapos 1

Wisata alam yang indah dan menarik namun jarang dikunjungi salah satunya adalah Desa Tapos 1. Desa Tapos 1 yang merupakan bagian dari kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, dikenal sebagai penghasil cincau hitam dan kucay terbesar dan juga masuk dalam jajaran 10 besar desa terbaik di Indonesia. Desa  dengan pemandangan hijau nan asri ini, memiliki danau buatan di tengah camping ground Tenjolaya yang bernama Setu Kigandul. Selain Setu Kigandul, terdapat situs Cibalay yang merupakan punden berundak, tatanan batu datar pipih dengan menhir di kiri dan kanan yang diduga berasal dari tahun 2000-3000 SM.

Akses menuju desa Tapos 1 relatif mudah. Jika naik angkot dari Mall BTM Bogor jurusan Tenjolaya, maka kamu harus berhenti di depan jalan masuk yang ada plang Arca Domas kemudian naik ojek. Namun, jika kamu ingin bertamasya beramai-ramai dari Ibu Kota, kamu bisa sewa bus pariwisata Jakarta. Jika kamu menyewa bus pariwisata, maka kamu harus parkir nonpermanen yang hanya berupa halaman rumah karena jalan masuknya yang sempit. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di jalan setapak yang dikelilingi sawah dan perbukitan. Jalurnya tidak sulit, anak-anak pun bisa melewatinya. Tampak kegagahan gunung Salak dari kejauhan membuat indah sepanjang mata memandang. Desa Tapos 1 tidak hanya memiliki pesona alam yang luar biasa, namun juga banyak sekali situs-situs bersejarah. Berwisata sambil mempelajari tentang peristiwa masa lampau dan menambah wawasan.