Tidak Usah Bingung, Begini Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI Online

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI Online

Salah satu faktor penting dan besar yang menyumbang perekonomian Indonesia adalah UMKMK, yaitu Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi. Dengan adanya usaha kecil hingga Koperasi tersebut maka perekonomian di Indonesia berkembang dengan baik. Lapangan kerja tercipta sehingga orang-orang tidak lagi menganggur. Maka dari itu, tidak heran jika pemerintah melakukan berbagai cara agar UMKMK berjalan dengan lancar, salah satunya dengan KUR. Apa itu KUR? yaitu salah satu solusi untuk mengatasi masalah pada modal dan juga pembiayaan, solusi KUR ini muncul sejak tahun 2017 hingga 2019. Dengan adanya KUR maka diharapkan pengusaha kecil hingga menengah bisa mengambil kredit dari bank. Ada banyak perusahaan pinjaman yang bisa kamu datangi, salah satunya BRI. Adapun pengajuan KUR BRI online bisa dilakukan dengan mudah, yang paling penting pengusaha mampu memenuhi syarat-syarat yang diberlakukan.

Kepanjangan dari KUR adalah Kredit Usaha Rakyat. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa KUR merupakan program dari pemerintah berupa modal usaha pinjaman 100% untuk usaha yang dijalankan, dan dana yang yang diberikan ada yang mencapai Rp 500.000.000. Dana tersebut berasal dari Perusahaan Pinjaman seperti BRI, namun untuk pelaksanaannya tetap mengikuti aturan dari Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI Online

Syarat-Syarat Pengajuan KUR BRI Online

Mulai dari Januari tahun 2018 pemerintah telah menetapkan suku bunga untuk KUR sebesar 7% dari yang sebelumnya 9% sehingga bunga ini lebih ringan dibanding sebelumnya. Selain itu, pemerintah juga menciptakan KUR khusus bagi pengusaha produksi seperti peternakan dan perkebunan. Sebenarnya ada beberapa jenis KUR BRI yang harus kamu tahu, di antaranya ada KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. Untuk pengajuan KUR BRI semua jenis calon peminjam KUR harus memenuhi syarat-syaratnya, di antaranya adalah:

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan kur yang dimiliki oleh perorangan atau individu, untuk mengajukan KUR pengusaha mikro harus menjalankan usahanya minimal 6 bulan. Syarat lainnya tidak boleh menerima bantuan atau peminjaman dari pihak lain, entah KKB, KPR atau kartu kredit. Juga harus memenuhi administrasi seperti Kartu Keluarga, surat ijin usaha dan KTP.

2. KUR Ritel

Pengajuan KUR BRI Online Ritel hanya untuk pengusaha yang sudah produktif dan layak, juga aktif minimal 6 bulan. Memiliki surat izin mikro usaha dan kecil dan surat izin lainnya. Selain itu, peminjaman ini juga harus tidak sedang menerima peminjaman lain seperti KKB, KPR, dan kartu kredit.

3. KUR TKI

TKI atau yang dikenal dengan nama Tenaga Kerja Indonesia merupakan pekerja yang berada di luar negeri. Seorang TKI juga bisa melakukan pengajuan KUR BRI dengan syarat-syarat sebagai berikut, sediakan identitas KTP dan KK, perjanjian penempatan, paspor, perjanjian kerja, visa dan syarat-syarat lainnya yang dibutuhkan.

Baca Juga : Jenis Bisnis Untuk Pemula Bermodal Kecil

Tahap-Tahap Pengajuan KUR BRI

Jika syarat-syarat pengajuan KUR sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya lakukan pengajuan secara online, caranya dengan menghubungi nomor BRI 14017 atau 1500017. Bisa juga dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Ajukan surat permohonan KUR ke bank BRI dengan memenuhi syarat dan dokumen yang dibutuhkan serta catatan keuangan.
  • Bank BRI akan mengevaluasi juga menganalisa layak tidaknya pengajuan tersebut
  • Jika layak maka bank BRI akan menyetujui
  • bank BRI dan pihak yang mengajukan harus menandatangani surat perjanjian
  • Pihak yang mengajukan harus membayar angsuran atau cicilan sampai lunas.

Dengan adanya syarat dan tahapan pengajuan KUR BRI online di atas, maka diharapkan pengusaha kecil, menengah hingga koperasi mampu bertahan di tengah perekonomian yang belum stabil di negara ini.