Yuk Simak Penjelasan Mengenai Jenis Jenis Paku Fungsi Berikut dengan Fungsinya

Jenis Jenis Paku

Salah satu benda yang berperan penting dengan pembuatan suatu bangunan ialah paku. Paku bangunan berperan untuk ‘perekat’ dinding serta atap pada rangka rumah supaya kuat serta tidak gampang lepas. Benda ini dapat bertahan dengan periode waktu yang lama.

Paku bangunan dibuat dari logam keras yang solid. Memiliki bentuk yang runcing di sisi ekor membuatnya dapat tembus benda padat, mulai dari material papan sampai beton. Menurut bentuk serta peranan, paku bangunan dibedakan berdasarkan pada material apa benda ini dipakai.

Supaya tidak salah dalam menentukan, berikut keterangan tentang beberapa jenis paku menurut bentuk serta manfaatnya.

Paku untuk Material Kayu

Tipe paku ini cuma dapat dipakai untuk furniture serta bangunan yang dibuat dari kayu seperti papan, balok, serta tripleks. Dibanding beton, material kayu condong lebih gampang ditembus. Dari sisi bentuk serta kemampuan, paku untuk material kayu relatif ramping serta mempunyai daya tembus lebih rendah.

Menurut panjang, varian yang sering ada di pasar ialah ukuran 2 cm, 3 cm, 4 cm, 5 cm, 7 cm, 10 cm, sampai 12 cm. Setiap ukuran mempunyai manfaatnya masing-masing. Contohnya, yang 2 dan 3 cm untuk material tipe tripleks. Selanjutnya, paku 12 cm umumnya dipakai untuk memaku bahan bangunan tipe balok yang semakin tebal.

dalam menentukan, seharusnya dipertimbangkan ketebalan bahan bangunan (papan atau balok). Jika salah ukuran, paku akan bengkok serta daya rekat akan menyusut serta tidak kuat.

Paku untuk Material Seng

Paku untuk material seng bertambah dikenal dengan panggilan paku payung. Sesuai namanya, kepala paku memang seperti payung. Supaya tidak begitu kontras, paku payung biasanya memiliki warna keperakan, yaitu sama seperti warna seng.

Sebab bahan bangunan tipe seng mempunyai kontur permukaan yang bergelombang, air akan gampang menyelinap masuk lewat sela area tertancapnya paku serta mengakibatkan kebocoran. Dengan kepala yang menyerupai payung, kebocoran pasti dapat dijauhi.

Untuk panjang, pilihan paku seng yang ada umumnya memiliki ukuran 7 dan 10 cm. Meskipun biaya paku payung relatif sedikit tambah mahal dari paku untuk material kayu, sebagian orang masih memakainya untuk papan. Faktor utama mereka ialah untuk bangunan yang semakin kuat.

Paku untuk Material Beton

Tipe yang paling akhir ialah paku beton atau paku yang khusus untuk material bangunan yang dibuat dari tipe semen serta eternit. Paku beton populer dengan daya tembusnya yang kuat. Tipe yang ini memang diperuntukkan untuk dapat tembus benda keras.

Dari sisi kualitas, paku beton terbagi menjadi dua: putih dan hitam. Paku beton putih diketahui lebih kuat dibanding yang berwarna hitam. Ukuran yang biasa ada di pasar ialah 2,5 – 5 cm untuk yang berwarna putih dan 3–7 cm untuk paku berwarna hitam.

Untuk Kamu yang mempunyai rumah dengan dinding yang terbuat dari bahan semen, Kamu dapat memakai paku tipe ini untuk kebutuhan seperti membuat gantungan lukisan, baju, serta kabel, rack, hiasan rumah, atau benda yang lain.

 

Baca juga : Harga Paku 

 

Itu keterangan singkat tentang beberapa jenis paku. Seusai ketahui tipe serta manfaatnya, saat ini Kamu bisa tentukan paku tipe apakah yang mampu Kamu pakai untuk kebutuhan di rumah. Dengan menentukan, kecuali menurut efisiensi atau kecocokan antara paku dan material bangunan, pastikan untuk melihat dari sisi efektivitasnya .

Contohnya, dibanding memakai paku beton yang lebih mahal, pakailah paku kayu untuk bangunan berbahan papan. Jangan sampai Kamu membuang-buang ongkos untuk dua hal yang sebetulnya mempunyai impak sama.